Penggunaan media sosial sebagai ajang promosi suatu produk semakin gencar dilakukan oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan promosi menggunakan media sosial dinilai lebih efektif dibandingkan promosi menggunakan jenis media lainnya. Media sosial juga merupakan media yang paling banyak digunakan dan diminati oleh masyarakat serta fitur-fitur yang terbaru memungkinkan untuk diadakannya jual beli secara online. Bahkan hal tersebut dinilai lebih menguntungkan bagi pihak produsen maupun konsumen.

Melakukan promosi atau pengiklanan suatu produk melalui media tentu membawa dampak atau konsekuensi tersendiri yang harus Anda ketahui. Misalnya dampak yang positif yang diterima adalah, produk dapat dikenal oleh masyarakat secara luas bahkan hingga mendunia, menghemat biaya promosi produk, serta mudah dalam hal pembuatan iklannya. Akan tetapi selain membawa dampak positif, pengiklanan melalui media sosial juga turut membawa dampak yang negatif misalnya tidak semua orang tahu dan dapat menggunakan media sosial sehingga tidak semua lapisan masyarakat mengetahui adanya produk tersebut yang Anda promosikan melalui media sosial.

Tips Melakukan Promosi Atau Iklan Melalui Instagram

Salah satu media sosial yang paling sering digunakan sebagai media untuk melakukan promosi atau iklan yaitu Instagram. Instagram sebagai media sosial yang paling banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat tentu dapat dijadikan sebagai media promosi yang efektif untuk mengiklankan suatu produk kepada masyarakat. Tampilannya yang menarik juga merupakan point plus bagi media sosial yang satu ini untuk dijadikan sebagai media promosi. Lantas bagaimana tips yang dapat dilakukan agar dapat sukses memasang iklan di Instagram? Berikut adalah uraiannya:

  • Pilihlah akun yang menawarkan paid promote

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar dapat sukses dalam mengiklankan produk di Instagram yaitu dengan mengikuti paid promote. Dengan mengikuti paid promote maka bisa dipastikan produk Anda akan dilihat oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan setiap akun yang menawarkan untuk membantu mengiklankan suatu produk tentu sudah memiliki followers yang jumlahnya banyak. Anda harus cermat dalam memilih situs ataupun lembaga yang menawarkan paid promote tentunya.

  • Mendesain iklan

Selanjutnya yang harus Anda lakukan agar dapat mempromosikan produk Anda secara sukses melalui Instagram tanpa mengikuti paid promote yaitu dengan mendesain sendiri iklan Anda  pilihlah kata-kata yang mengajak, perbaiki tampilan visual produk Anda, lalu lampirkan foto produk yang ingin Anda promosikan melalui Instagram. Tentu hal tersebut membawa dampak positif maupun negatif bagi Anda. dampak positif antara lain Anda dapat menghemat biaya pengeluaran untuk promosi iklan. Tetapi dampak negatifnya bila followers yang Anda miliki sedikit maka produk Anda tidak dikenal luas di pasaran.

  • Tonjolkan keunikan dari produk Anda

Sebagaimana mengiklankan produk melalui media lainnya, melakukan promosi melalui Instagram juga membutuhkan strategi marketing yang baik. Salah satunya yaitu dengan menonjolkan keunikan dari produk yang Anda miliki. Telah kita ketahui bersama bahwasanya Instagram identik dengan foto, maka jika dapat memotret keunikan dari produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya maka akan menjadi nilai tambah bagi Anda dan produk Anda tentunya. Lantas, bagaimana bila keunikan produk Anda tidak tampak pada tampilan visual? Jawabannya ada pada caption yang Anda buat. Ulaslah keunggulan produk yang Anda  miliki dibandingkan produk lain dengan kata-kata promosi yang tepat. Buatlah secara singkat, jelas, padat, tetapi tetap menarik dan tidak mengurangi makna.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Melakukan Promosi Melalui Instagram

Melakukan promosi melalui Instagram memang telah menjadi tren dewasa ini. Akan tetapi tentu melakukan promosi melalui media tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Perlu Anda ketahui terdapat beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika melakukan promosi melalui Instagram. Berikut adalah uraiannya:

  • Hindari terlalu banyak tulisan

Instagram identik dengan foto dan caption. Tulisan untuk promosi di sini menggantikan caption yang biasanya terletak pada Instagram. Oleh karenanya buatlah dan kemaslah bahasa untuk iklan Anda secara cermat, untuk menghindari kejenuhan sebelum dan saat membaca. Fokuskan pada tampilan produk. Ambillah gambar semenarik mungkin, karena pelanggan biasanya akan tertarik pada pandangan pertama suatu produk.

  • Hindari pengeditan yang terlalu berlebihan

Selanjutnya yang harus dihindari ketika melakukan promosi melalui Instagram adalah melakukan pengeditan yang berlebihan. Pada promosi melalui Instagram, biasanya tampilan foto produk itulah yang ditampilkan. Tampilan foto produk yang akan Anda tampilkan dapat diedit semenarik mungkin tetapi tidak berarti menghilangkan keaslian dari produk tersebut. Jangan sampai pembeli merasa tertipu karena produk yang diterima berbeda dengan foto di Instagram.

  • Hindari tampilan Instagram feed yang monoton

Tampilan Instagram feed yang monoton tentu akan membuat bosan bagi siapa saja yang melihatnya. Jangankan untuk membaca captionnya, melihat saja enggan. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk mempercantik tampilan Instagram feed. Bila perlu berilah hiasan semenarik mungkin, tetapi tetap tidak berlebihan ataupun menghilangkan makna dari produk itu sendiri ya.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar sukses membuat iklan pada Instagram. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Author