Jual beli secara online atau yang biasa disebut dengan online shop adalah salah satu bentuk dari kemajuan di bidang perdagangan. Jual beli online lebih digemari oleh masyarakat dikarenakan lebih praktis, serta pembeli memiliki kebebasan untuk memilih dan membatalkan pemesanan produknya. Akan tetapi selain beberapa kelebihan di atas, jual beli secara online juga memiliki beberapa kelemahan misalnya pembeli tidak dapat mencoba barang yang hendak dibeli serta rentan terjadinya penipuan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan jual beli secara online hendaknya melakukan kegiatan tersebut secara teliti dan hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu media sosial yang sering dijadikan sebagai media untuk melakukan jual beli secara online adalah Facebook. Media sosial yang satu ini seringkai dijadikan media jual beli secara online dikarenakan mudah untuk digunakan, terdiri dari fitur-fitur yang memungkinkan untuk dilakukan jual beli secara online serta digunakan oleh masyarakat luas.  Oleh karenanya Facebook sangat diminati oleh para produsen untuk mempromosikan produk milik mereka.

Cara Jual Beli di Facebook Untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin melakukan jual beli secara online melalui Facebook, hendaknya Anda mengetahui dahulu beberapa hal terkait pengoperasionalan Facebook itu sendiri agar ke depannya tidak mendapat kendala yang berarti. Facebook merupakan media sosial yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan komunikasi baik kepada individu maupun kepada khalayak atau masyarakat luas. Fitur-fitur yang terdapat pada Facebook antara lain profil, beranda, pesan, dan berbagai pengaturan pada umumnya. Berikut adalah beberapa cara jitu yang dapat Anda lakukan apabila ingin melakukan jual beli secara online melalui Facebook bagi pemula:

  • Miliki akun Facebook terlebih dahulu

Pertama sebelum melakukan jual beli di Facebook Anda sebaiknya memiliki akun Facebook pribadi terlebih dahulu. Setelah memiliki akun Facebook, pastikan Anda mengetahui bagaimana cara pengoperasionalan akun Facebook tersebut. Nah, apabila Anda ingin menjual suatu produk maka Anda dapat menambahkan beberapa foto produk Anda pada beranda akun Facebook Anda. Cantumkan juga bagaimana cara pemesanan dan contact person yang dapat dihubungi.

  • Miliki relasi yang luas

Relasi atau pertemanan yang luas pada Facebook maupun pada kehidupan nyata tentu akan sangat membantu pada jual beli online Anda melalui Facebook. Apabila Anda memiliki teman yang banyak, maka kemungkinan produk Anda akan dikenal oleh masyarakat luas akan semakin bertambah. Anda dapat menambah jumlah teman pada Facebook yang Anda miliki dengan cara melakukan pengiriman permohonan pertemanan. Kuncinya, jangan takut untuk mencoba hal yang baru.

  • Lakukan pembaharuan secara berkala, dan berlaku ramah pada calon pembeli

Seperti halnya dunia jual beli pada umumnya. Jual beli di Facebook juga mengutamakan kenyamanan calon pembelinya. Apabila layanan yang Anda berikan memuaskan tentu akan banyak pelanggan merekomendasikan Anda kepada orang lain. Maka di sini kesan pelanggan sangatlah penting, usahakan pelanggan merasa puas, lakukan survei pelanggan secara berkala dan lakukan pembaharuan terhadap item-item produk yang Anda jual.

Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Untuk Menarik Minat Pelanggan

Setelah mengetahui beberapa cara jitu untuk jualan di Facebook. Kini akan dibahas bagaimana cara yang digunakan untuk menarik minat pelanggan di Facebook untuk mengunjungi laman Facebook Anda. Ada berbagai orang ataupun lembaga yang melakukan proses jual beli di Facebook. Barang-barang yang ditawarkan pun beraneka macam. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui beberapa tips yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan. Berikut adalah uraiannya:

  • Buatlah tampilan produk semenarik mungkin

Salah satu tips uang paling sering digunakan oleh para produsen untuk memasarkan barang dagangannya adalah dengan menampilkan produk semenarik mungkin. Karena menggunakan aplikasi Facebook, maka Anda hanya perlu menampilkan foto dari produk yang akan Anda tawarkan berikut spesifikasinya. Tetapi hal tersebut tidak berarti Anda asal dalam mengambil gambar. Kesan pertama dari para pembeli adalah tampilan produk, maka usahakan untuk membuat produk terlihat semenarik mungkin.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara member pencahayaan yang tepat pada produk yang akan difoto, mengambil angle atau sudut yang bagus, ataupun dengan sedikit pengeditan. Akan tetapi Anda tidak boleh mengedit suatu produk secara berlebihan hingga berbeda dengan aslinya. Hal tersebut tentu akan membuat kecewa pelanggan karena mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan tampilan di Facebook pada waktu promosi.

  • Jelaskan keunikan dan keunggulan produk

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menarik minat pelanggan adalah dengan menjelaskan keunikan dan keunggulan produk yang Anda miliki. Keunikan dan keunggulan produk yang dimiliki akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menampilkan keunikan dan keunggulan dari produk yang Anda tawarkan.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda terapkan sebagai strategi jual beli secara online di Facebook. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Author